Tanda dan Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Tanda Dan Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Bunda pasti sedih ya jika si buah hati sakit atau rewel karena kembung. Kadang, buah hati bisa terus menangis dan membuat kita menjadi ikut merasakan sakit. sebagai ibu yang siaga, kita tentunya harus tahu berbagai cara pertolongan pertama pada beberapa sakit ringan buah hati agar buah hati kita tidak sedikit-sedikit ke dokter. Jika si buah hati kembung, ada cara mengatasi perut kembung pada bayi yang dapat dipraktikan bunda dirumah. Beberapa cara ini dapat meringankan kembung buah hati dan membuat mereka nyaman. Bagaimana cara nya? Mari kita lihat bersama.

Tanda Perut Kembung Pada Bayi

Sebelum belajar cara mengatasi perut kembung pada bayi, kita tentunya perlu mengetahui apa saja tanda bayi mengalami perut kembung. Mari kita perhatikan, apabila bayi mulai menangis dan rewel tanpa ada alasan jelas, kita perlu memeriksa bagian perutnya. Apakah perutnya keras? Apakah si bayi sering buang angin? Jika perut bayi terasa agak keras dan buang angin, itu merupakan salah satu tanda bayi mengalami perut kembung. Kita juga perlu melihat gerakan si bayi. Biasanya bayi akan sering ngulet atau melengkungkan punggung ke arah belakang dan sering mengangkat kedua kakinya. Jika si bayi melakukan gerakan tersebut, besar kemungkinan merupakan pertanda bahwa si bayi merasa kembung dan tidak nyaman.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Ada beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi. Yang pertama kita bisa meletakan bayi pada kasur bayi dengan posisi yang terlentang, kemudian kita dapat mengangkat kedua kakinya dan mengerak-gerakannya sepeti posisi atau gerakan mengayuh sepeda. Dengan menggerakan kaki seperti itu dapat menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan gas dalam perut si kecil. Cara yang kedua adalah dengan melakukan pijatan pada perut bayi secara perlahan dengan gerakan yang mengarah searah jarum jam.  Cara ini dilakukan pada bayi dengan posisi tidur. Anda juga bisa melakukan gerakan mengusap punggung dengan meletakan si buah hati pada paha kita dengan posisi tengkurap.

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan mencegahnya. Cara mencegahnya salah satunya dengan menyusui si kecil sebelum mereka merasa lapar atau jangan sampai melewati batas kebiasaan menyusuinya agar perut si kecil tidak dipenuhi gas dan membuatnya kembung. Anda juga dapat menggendongnya dengan posisi tegak sesaat setelah si kecil selesai menyusu dan menepuk-nepuk punggungnya dengan halus agar si kecil bersendawa sehingga tidak ada gas diperutnya dan terhindar dari kembung yang membuatnya tidak nyaman. Anda juga dapat menggunakan produk Zwitsal untuk mencegah kembung seperti produk minyak telonnya. Menghangatkan perut bayi juga dapat membuat mereka nyaman dan mencegah terjadinya perut kembung pada bayi. Jadilah ibu siaga yang cekatan dan cerdas. Selamat mencoba!