Pengertian Energi Baru Terbarukan (EBT)

Seperti yang kita ketahui di dunia ini samakin banyak orang yang membutuhkan energi dalam hal ini energi listrik. Namun di dunia ini kebanyakan perusahaan masih menggunakan bahan bakar yang diambil dari perut bumi untuk menjalankan produksi listrik. Hal seperti tentunya suatu saat akan habis karena bahan bakan dari perut bumi tidak selamanya ada. Dengan begitu banyak orang pintar yang beralih ke energi baru terbarukan untuk mengatasi masalah ini. Energi baru disini dicontohkan seperti batu bara tercairkan, gas metana batu bara, batu bara tergaskan, nuklir, dan juga hydrogen. Sementara energi terbarukan atau energi yang bisa diperbarui seperti aliran air dan air terjun, bioenergi, panas bumi, radiasi sinar matahari, gerakan angin, dan perbedaan suhu lapisan laut.

Secara sederhana, energi terbarukan didefinisikan sebagai energi yang dapat diperoleh ulang (terbarukan) seperti sinar matahari dan angin. Sumber energi terbarukan adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global seperti pada sumber-sumber tradisional  lain. Ini adalah alasan utama mengapa energi terbarukan sangat terkait dengan masalah lingkungan dan ekologi di mata banyak orang.

Energi terbarukan sering dianggap sebagai cara terbaik untuk mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim. Energi terbarukan akan mengurangi penggunakan bahan bakar fosil yang terus kita bakar, mengurangi pembakaran bahan bakar fosil berarti juga mengurangi emisi karbon dioksida dan memberikan dampak perubahan iklim yang lebih rendah.

Jadi kesimpulannya sumber daya alam yang ada di bumi saat ini sudah sangat menipis. Padahal energi adalah suatu bentuk kekuatan yang dimiliki atau dihasilkan oleh suatu benda. Selain itu juga energi menjadi komponen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia karena hampir disetiap aktivitas manusia memerlukan energi. Untuk mengatasi permasalah tersebut munculah beberapa energi baru terbarukan yang dapat mengantikan sumber daya alam yang sudah menipis. Dan juga diharapkan dengan adanya energi ternbarukan ini semua kebutuhan manusia di masa mendatang dapat terpenuhi.