Mengintip Pendidikan Mikrobiologi di IPB

Pendidikan Mikrobiologi di IPB

Di masa depan, pendidikan mikrobiologi di IPB akan bermanfaat banyak bagi masyarakat Indonesia. Perkembangan makhluk hidup mikro semakin tidak bisa diprediksi sehingga kita perlu menyiapkan anak-anak bangsa yang mengerti akan ilmu ini. Dengan berbekal pendidikan mengenai hal tersebut, maka kita dapat bersaing dengan negara lain untuk melakukan riset yang mendalam mengenai makhluk hidup mikro ini.

Beberapa penyakit ditimbulkan oleh makhluk mikrobiologi, jadi kita perlu mengenali kebiasaannya. Kebiasaan makhluk-makhluk ini diperlukan untuk menganalisis kelemahannya sehingga dapat dibuat penawarnya. Dan lebih dari itu, diharapkan kita dapat membuat serum pencegahan sehingga kita dapat menangkalnya bahkan sebelum makhluk mikro ini menyerang. Hal ini menjadi pemecahan masalah yang akhir-akhir ini menjadi masalah kesehatan seperti berbagai virus yang menyerang hewan lalu menyerang manusia, contohnya adalah virus flu burung dan flu babi. Pendidikan di tempat ini dilakukan dengan mendalam yang dilengkapi dengan laboratium yang baik sehingga proses pendidikan berjalan dengan maksimal.

Dengan adanya pendidikan mikrobiologi di IPB ini dapat menjadi jembatan mengetahui dengan lebih baik lagi mengenai berbagai ancaman kesehatan. Proses transfer informasi dapat berjalan secara dua arah, dimana interaksi antara civitas pendidikan mikrobiologi dan masyarakat ditunjukkan melalui seminar maupun kuliah kerja nyata. Diharapkan setelah menempuh pendidikan di sini, mahasiswa mampu terus berupaya menghadirkan penelitian-penelitian ilmiah yang banyak bermanfaat besar bagi kemajuan bangsa dan ketahanan bangsa terhadap berbagai ancaman penyakit.