Curug Luhur Bogor, Air Terjun Di Lereng Gunung Salak

Curug Luhur Bogor, Air Terjun Di Lereng Gunung Salak

Tentu anda ingat tragedi jatuhnya pesawat sukhoi di Gunung Salak. Terlepas dari teknikal error maupun human error terkait tentang jatuhnya pesawat sukhoi tersebut, Gunung Salak di Bogor ini memang dikenal cukup angker. Namun dibalik itu semua ada sebuah tempat wisata yang menarik yang berada di lereng gunung salak ini yaitu curug luhur. Curug atau Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang dipadukan dengan berbagai macam fasilitas. Berada di lereng gunung salak dengan ketinggian 630 mdpl membuat suasana disini bergitu sejuk. Beberapa villa maupun penginapan berdiri disekitar lokasi, sehingga sobat bisa berakhir pekan disini menghabiskan malam baik bersama teman maupun keluarga.

Curug Luhur terletak di Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Curug yang memiliki ketingian 62 meter ini pada awalnya hanya memiliki satu buah aliran air. Namun penduduk setempat membuat satu aliran lagi disebelah kirinya dengan ketinggian yang hampir sama. Kedua aliran tersebut berasal dari Gunung Salak. Nah yang membuat daya tarik wisata di bogor ini adalah tepat dibawah air terjun terdapat sebuah kolam atau water boom lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Sobat bisa berenang sepuasnya disini sambil menikmati pemandangan curug luhur. Bagi yang mengajak anak-anak tidak usah khawatir karena telah disediakan kolam khusu anak-anak. Tak jauh dari air terjun terdapat limpahan air yang mengalir pada dinding tanah setinggi 2 meter. Tak jarang para pengunjung menyempatkan diri ke tempat ini untuk sekedar mencuci tangan atau membasuh muka.

Fasilitas lain yang menunjang obyek wisata Curug Luhur Bogor diantaranya kamar ganti, warung makan, mushola, restorant, area parkir, hingga penginapan. Untuk tiket masuk curug luhur memang terbilang agak mahal yakni Rp 40 ribu maret 2014 untuk setiap orangnya. Harga tersebut sudah termasuk menikmati berbagai macam fasiiltas yang ada di water boom. Namun untuk menggunakan fasilitas kamar ganti atau tempat bilas harus membayar lagi Rp 2 ribu. Nah jika sobat ingin mengunjungi air terjun di jawa barat ini bisa melalui beberapa rute. Rute pertama bisa melalui Kampus IPB Darmaga-Cinangneng-Tenjolaya-Curug Luhur. Atau bisa juga melaui rute Istana Bogor-Jalan Pulau Empang-Jl. Kapten Maulana Yusuf-Jl. Gunung Malang-Curug Nangka-Curug Luhur. Piddle.