Mengenal Majapahit Melalui Museum Trowulan Mojokerto

Mengenal Majapahit Melalui Museum Trowulan Mojokerto

Jika sobat sedang berada di trowulan yang merupakan tempat berdirinya kerajaan Majapahit jangan sampai melewatkan museum trowulan. Pasalanya disini sobat bisa menggali segala informasi mengenai kerajaan terbesar di Indonesia tersebut. Berdiri diatas lahan seluas 57.625 meter persegi, museum trowulan menyimpan artefak dan juga temuan arkeologi peninggalan kerajaan majapahit. Benda-benda seperti alat musik, senjata perang, mata uang, genta adalah sebagian kecil dari ribuan koleksi benda penginggalan sejarah di Museum Trowulan.

Museum Trowulan di mojokerto ini memiliki sejarah panjang yang melatar belakanginya. Pada abad ke 19 gubernur jenderal java  yakni Sir Thomas Stamford Raffles melaporkan adanya reruntuhan dari bangunan kuno tersebar luas di kawasan trowulan. Untuk mencegah adanya pencurian dan penjarahan kemudian dibangunlah sebuah gudang untuk menyimpanya. Seiring berjalanya waktu Henri Maclaine Pont seorang arsitek dari belanda mengembangkan gudang tersebut menjadi sebuah museum. Kemudian pada tahun 1942 ketika jepang menguasai, museum ini sempat ditutup. Baru pada tahun 1987 museum trowulan secara resmi dibuka.

Memasuki ruangan pertama sobat diajak untuk menikmati berbagai koleksi logam, koleksi tanah liat dan koleksi batu. Ketika akan memasuki ruangan ini sobat juga akan melihat batu surya majapahit. Sebuah batu yang menyimbolkan majapahit sebagai perwujudan sinar matahari. Museum trowulan ini terdiri dari berbagai ruangan. Adapun ruangan-ruangan lainya adalah ruang Ruang Persiapan, Ruang Pamer Utama, Ruang Multimedia, Ruang Pamer Temporer, Ruang Perpustakaan, Ruang Laboratorium, Ruang Penyimpanan Koleksi, Studio Reparasi dan juga Museum Terbuka. Adapun benda yang terkenal dari beberapa koleksi museum ini adalah arca raja Air langga. Arca ini digambarkan dengan Dewa Wisnu yang sedang mengendarai garuda. Selain untuk berekreasi, mengenalkan Majapahit melalui museum trowulan di Mojokerto ini juga bisa dijadikan sarana edukasi kepada anak-anak.

Lokasi museum trowulan tak jauh dari kolam segaran. Sobat bisa mengunjunginya mulai hari selasa hingga minggu pada jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Pada hari libur dan hari senin museum ini tidak buka. Untuk tiket masuk Museum Trowulan adalah sebesar Rp 2.500,- /orang. Piddle.